Thursday, November 28, 2013

Asyik Belajar Java tanpa Galaw 5 : Program Aplikasi Pertama Cetak Hello World

Advertisement


Assalamualaikum Wr. Wb



Oke saatnya membuat program aplikasi java…
mari buat aplikasi sederhana dulu, budaya para programmer yaitu cetak “HELLO WORLD”...  :p

oke kita langsung saja.   Hiwrigooooooo…

1.       Buka ide netbeans yang ada pada computer anda
Tunggu proses loadingnya okeeeee…? (dalam buat kue pun ka nada saatnya nungu adonan matang… heheh :p)


2.       Setelah setelah masuk di netbeans, lalu klik aja menu file – new project (bias juga ctrl+shift+n atau langsung disana juga terpampang nyataa.. :p) – lalu pilih java – pilih java aplikasi, lalu akan muncul seperti berikut


Berikan nama untuk project anda (tanpa spasi), lalu atur project lokasi untuk penyimpanan project yang dibuat, lalu biarkan saja kita buat main class (centang pada create main class).
lalu klik aja finish….

3.       Pada clas yang sudah dibuat ketikan sintax berikut..
letakan tepat setelah “ public static void main(String[] args) {“
Ini sintaxnyaaa..
System.out.println(“HELLO WORLD”);

Nih lebih jelasnya..

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package kangopostingdiblog;

/**
 *
 * @author Irfan Maulana
 */
public class Kangopostingdiblog {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        System.out.println("HELLO WORLD");
    }
}

Java sensitife terhadap hurup besar dan hurup kecil ,,, (buat kue juga kan harus benar-benar… :p)..

4.       Oke setelah dibuat seperti diatas kira kira begini
Klik F11 untuk compile, lalu shift+F11 untuk clean and build project, lalu F6 untuk Running project..
ato langsung di Run aja untuk menjalankan project..

5.       Berikut hasil dari kue yang dibuat (maksudnya program apliaksi yang sudah dibuat.. heheh  :p)

Lihat pada output pastinya ada tampilan cetak “HELLO WORLD”..

Nah ternyata mudah ya bikin aplikasi java itu…
Itu baru nampilkan hello world, dan masih bias project-project yang harus dibuat (pastinya program aplikasi yang hebattttttt….. hehehe  :p)

Terims teman-teman, smoga bermanfa’at …
Amin
Catatan : Berikan pesan di komentar dikala tidak ada yang dimengerti…

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Asyik Belajar Java tanpa Galaw 4 : Install Java Runtime Environment (JRE)

Advertisement


Assalamualaikum Wr. Wb



Install JRE (Java Runtime Environment).
oke kita langsung saja.   Hiwrigooooooo…
Tentunya mudah untuk memasang (Install) JRE pada Sistem Operasi (tak sesusah bikin kueee… :D)..
anda pun pasti bisa..

nih saya kasih link langsung dari oracle.. http://docs.oracle.com/goldengate/1212/gg-winux/GDRAD/java.htm

bila pusing boleh tanya, tenang saja…… :p

Terims teman-teman, smoga bermanfa’at …
Amin
Catatan : Berikan pesan di komentar dikala tidak ada yang dimengerti…

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Asyik Belajar Java tanpa Galaw 3 : Install IDE Netbeans

Advertisement


Assalamualaikum Wr. Wb



Install IDE (integrated development environment) Netbeans
oke kita langsung saja.   Hiwrigooooooo…
Double klik saja netbeans yang sudah di download
Lalu akan muncul "selamat datang di installer netbeans"
berarti memulai untuk proser install tentunya.. :p 
Tingal di next saja…
Pada gambar up disana terlihat locasi untuk penyimpanan IDE juga total ukuran installasi…
Klik install
Tunggu hingga proses selesai..

mudah yaaaaaaaa? Tentunya lebih mudah install ini deh dari pada buat kue.. :p


Terims teman-teman, smoga bermanfa’at …
Amin
Catatan : Berikan pesan di komentar dikala tidak ada yang dimengerti…

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Daftar pustaka : http://rijalsetiawan.blogspot.com/2013/02/cara-install-netbeans-di-windows-7.html?showComment=1385563213052#c8768633697174238757

Asyik Belajar Java tanpa Galaw 2 : install Java development Kit (JDK)

Advertisement


Assalamualaikum Wr. Wb


Install JDK (Java Development Kit).
oke kita langsung saja.   Hiwrigooooooo…
1.       Double klik JDK yang sudah di download


2. Klik tombol Accept pada Licese Agreement 


  
3. Klik tombol Next

4. Tunggu proses installasi selesai

5.      Ketika proses installasi sedang berlangsung, akan muncul destination folder, kemudian klik Next.
  
6.       Sebagai akhir dari proses installasi klik tombol Finish

7.    Proses installasi pun selesai

Terims teman-teman, smoga bermanfa’at …
Amin
Catatan : Berikan pesan di komentar dikala tidak ada yang dimengerti…

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Daftar pustaka : http://rhendhi.blogspot.com/2010/02/tutorial-cara-menginstal-java.html