Wednesday, January 25, 2017

sundayTalk : Komentar Terhadap Mr. G

Advertisement


Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah di Pekan ke 9 sundayTalk Mr. G dapat bertememu dengan galawers people semua, apa kanarnya nih kalian?
Sebelum membahas apa yang akan dibahas sekarang , Mr. G mau curhat dulu nih. Gini ya? Mr. G ada rencana buka usaha online shop tuh, terus Mr. G pengen buka usaha lagi selain itu, kira-kira apa ya usaha yang dapat prospek untuk di lakukan? Mohon sarannya dong ya? Hehe . Mr. G tunggu di kolom commentar oke?
Oke, alangkah lebih menarik jika baca dulu postingan Pekan Kemarin, Yuk Baca!


                Oke deh, ada apa ya di bahasan sundayTalk Pekan ini? Tiktok tiktok, Mr. G diberi usul oleh partner yaitu Bu Dita, dia memberi ide tentang “komentar”, ya maksudnya komentar orang terhadap Mr. G begitu. Pasti kan orang dapat komentar entah itu dari keluarga, teman, ato oranglain sekalipun, tapi Mr. G lupa apa aja ya komentar yang pernah dijatuhkan pada ku.. heuheu



Let’s go , ceki dot Mr. G akan bahas apa aja komentar yang pernah diberikan terhadap Mr. G :

1.       Mr. G sering tuh di ingat ingat untuk rajin mandi, wkwk. Maklum kan ada slogan hemat air, itu mungkin yang jadi pemicu, wkwk ato mungkin males, ato udah kebiasaan, ya jujur sehari cuman sekali , kadang ato jarang nyampe 2 kali apalagi 3 kali. Wkwk,. Apalagi kalo udah libur , bisa tuh ga mandi seharian bahkan 2 harian.. whahaa. Aduhh jadi merasa tidak bersih diriku. Wkwk
Maka dari itu orang komen agar saya Mandi.. hiihii, tapi tenang saya InsyaAllah bersih walau kaya gitu juga. Please jangan ilfillll… heuheu
2.       Masih tentang Mandi, Mr. G dikomenin supaya jangan lama-lama ditempat mandi. Ya orang menganggap Mr. G lama kalo Mandi padahal menurut pribadi perasaan tidak terlalu lama, mungkin 15 menitan lah itu kalo tidak BAB dulu. Wkwk. Ato bisa nyampe setengah jaman ato lebih. :D
Iya mungkin itu kelamaan jika oranglain hanya 5 sampai 10 menit bisa selesai.
Maka dari itu orang komen terhadap Mr. G, tapi ya namanya kebiasaan itu kan susah duh. Ya udah ga apa-apa ya ? hihi
3.       Masalah ganti pakaian, terkadang Mr. G ganti pakaian sesuaknya jadi kalau kata orang udah apek Mr. G mah aman aman aja .. wkwk, tapi 2 sampai 3 kali diganti kayanya.. wkwkwk. Ato 4 ? . hahaha.. kalo kalian mah lumrahnya mah 1 sakli pakai langsung ganti lagi kayanya, ya? hihi.
4.       Sekarang-sekarang pas udah kerja mah ada lagi itu kalo berangkat ke kantor, Mimon (Mamah) di rumah suka  ngingetin kalo berangkat jangan sampai kesiangan dan harus tepat waktu,. Iya itu tandanya sayang karena Beliau pengen yang terbaik untuk anak nya. Makasih Mah! :D
Pengen tuh di usahakan jam 8 teng (maksimal) udah absen . hihihi.

Aduh apalagi ya? Kayanya masih ada beberapa lagi tuh komenan terhadap Mr. G, itu menandakan Mr. G sangat banyak kekurangan ya? Hihi, mudah-mudahan postingan ini dapat menjadikan pelajaran untuk kalian semua ya, khususnya Mr. G yang sudah kebiasaan. Haduhhhh.


Terimakasih ya atas kesempatan berkunjung ke Galaw Informasi, mohon maaf bila banyak kesalahan kata, sekian dan jangan lupa Follow dan Comment yaa? Hihihi

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Koleksi #sundayTalk lainnya ya ?

#sundayTalk : After Graduate to Carrier (Pekan Pertama)

#sundayTalk : Style Berpakaian (Pekan Ke Dua)

#sundatTalk : 5 Aplikasi Sosmed Terbaik Mr. G (Pekan Ke Tiga)

#sundayTalk : Cinta Pandangan Pertama? (Pekan Ke Empat)

#sundayTalk : Profesi Masa Kini (Pekan Ke Lima)

#sundayTalk : Aleppo Berduka (Pekan Ke Enam)

#sundayTalk : Resolusi Blog Galaw Informasi tahun 2017 (Sweet Seventeen) (Pekan Ke Tujuh)

#sundayTalk : Buli di Zaman Sekarang Masih Eksis (Pekan Ke Delapan)

Tuesday, January 17, 2017

Westlife - Hard To Say i'm Sorry With Lyrics

Advertisement

Westlife - Hard To Say i'm Sorry With Lyrics


Everybody needs a little time away
I heard her say
From each other
Even lovers need a holiday
Far away from each other
Hold me now
It's hard for me to say I'm sorry
I just want you to stay

After all that we've been through,
I will make it up to you
I promise to
And after all that's been said and done
You're just a part of me I can't let go

Couldn't stand to be kept away
Just for the day
From your body
Wouldn't want to be swept away
Far away from the one that I love

Hold me now
It's hard for me to say I'm sorry
I just want you to know

Hold me now
I really want to tell you I'm sorry
I could never let you go
After all that we've been through,
I will make it up to you
I promise to

And after all that's been said and done
You're just a part of me I can't let go
After all that we've been through,
I will make it up to you,
I promise to

And after all that's been said and done
You're just a part of me I can't let go

You're gonna be the lucky one

Everybody needs a little time away
I heard her say


Westlife Feat Diana Ross - When You Tell Me That You Love Me With Lyrics

Advertisement

Westlife Feat Diana Ross - When You Tell Me That You Love Me With Lyrics


I wanna call the stars
Down from the sky
I wanna live a day
That never dies
I wanna change the world
Only for you
All the impossible
I wanna do

I wanna hold you close
Under the rain
I wanna kiss your smile
And feel the pain
I know what's beautiful
Looking at you
In a world of lies
You are the truth

And baby
Everytime you touch me
I become a hero
I'll make you safe
No matter where you are
And bring you
Everything you ask for
Nothing is above me
I'm shining like a candle in the dark
When you tell me that you love me

I wanna make you see
Just what I was
Show you the loneliness
And what it does
You walked into my life
To stop my tears
Everything's easy now
I have you here

And baby
Everytime you touch me
I become a hero
I'll make you safe
No matter where you are
And bring you
Everything you ask for
Nothing is above me
I'm shining like a candle in the dark
When you tell me that you love me

In a world without you
I would always hunger
All I need is your love to make me stronger

And baby
Everytime you touch me
I become a hero
I'll make you safe
No matter where you are
And bring you
Everything you ask for
Nothing is above me
I'm shining like a candle in the dark
When you tell me that you love me

You love me
When you tell me that you love me


RITA COOLIDGE - We're all alone With Lyrics

Advertisement

RITA COOLIDGE - We're all alone With Lyrics


Outside the rain begins and it may never end
So cry no more on the shore
A dream will take us out to sea
Forever more forever more
Close your eyes and dream
And and you can be with me
'Neath the waves through the caves of hours
Long forgotten now
We're all alone
We're all alone
Close the window
Calm the light
And it will be alright
No need to bother now
Let it out
Let it all begin
Learn how to pretend
Once a story's told
It can't help but grow old
Roses do
Lovers too
So cast your seasons to the wind
And hold me dear
Oh, hold me dear
Close the window
Calm the light
And it will be alright
No need to bother now
Let it out
Let it all begin
All's forgotten now
We're all alone
oh-oh, we're all alone
Close the window
Calm the light
And it will be alright
No need to bother now
Let it out
Let it all begin
Owe it to the wind, my love


Chris Walker - How Do You Heal a Broken Heart With Lyrics

Advertisement

Chris Walker - How Do You Heal a Broken Heart With Lyrics


I can't believe what i just heard
Could it be true
Are you the girl I thought I knew
The one who promised me her love
Where did it go
Does anybody ever know

How do you heal a broken heart
That feels like it will never beat this much again
Oh no
I just can't let go
How do you heal a broken heart
That feels like it will never love this much again
Oh no
Tonight I'll hold what could be right
Tomorrow I'll pretend to let you go

And were you ever what you seemed
Or was I a fool who fell in love
With his own dream
And now you say you want to leave
Start a new life today
Those words I thought you'd never say

How do you heal a broken heart
That feels like it will never beat this much again
Oh no
I just can't let go
How do you heal a broken heart
That feels like it will never love this much again
Oh no

Tonight I'll hold what could be right
Tomorrow I'll pretend to
Find and put it all behind me
Wake and find that I have finally found
A new life
In my soul
And find that I know how to let you go
You go

How do you heal a broken heart
That feels like it will never beat this much again
Oh no
I just can't let go
How do you heal a broken heart
That feels like it will never love this much again
Oh no

Tonight I'll hold what could be right
Tomorrow I'll pretend to
Wake and put it all behind me
And find that I know how to let you go...


Monday, January 16, 2017

Dewa19 - Mistikus Cinta Lyrics

Advertisement

Dewa19 - Mistikus Cinta Lyrics


Ketika pertama kali
Jiwamu ingin selalu
Dekat dengan jiwaku yang belum
Bisa menterjemahkan segala
Arti pertemuan ini
Arti cumbu rayu ini
Yang mungkin bisa memusnahkan
Kenyataan hidup yang terjadi


Ketika jiwamu merasuk ke dalam
Aliran darahku dan meracuniku
Ketika jiwamu memeluk hatiku
Dan biarkan jiwaku cumbui jiwamu


Ketika kamu aku
Melebur menjadi satu
Dan hanya waktu yang mungkin bisa
Memahami apa yang terjadi
Apa yang sedang kurasa
Apa yang sedang kau rasa
Adalah cinta yang tak bisa
Dijelaskan dengan kata-kata


Ketika jiwamu merasuk ke dalam
Aliran darahku dan meracuniku
Ketika jiwamu memeluk hatiku
Dan biarkan jiwaku cumbui jiwamu


Air Supply - Without You Lyrics

Advertisement

Air Supply - Without You Lyrics


No I can't forget this evening
Or your face as you were leaving
But I guess that's just the way the story goes
You always smile but in your eyes
Your sorrow shows, yes it shows

No I can't forget tomorrow
When I think of all my sorrows
When I had you there but then I let you go
And now it's only fair that I should let you know
What you should know

I can't live, if living is without you
I can't give, I can't give anymore

I can't live, if living is without you
I can't give, I can't give anymore


Air Supply - Someone who Believes In You Lyrics

Advertisement

Air Supply - Someone who Believes In You Lyrics


When there's a dark storm on your horizon
And you think you can't get through it
Just put your hand in my hand
And I'll show you how to do it

When the future looks uncertain
You can count on me to be there
And when your heart and soul are hurtin'
Just look and you'll see me there

Just follow where I lead
I'll give you what you need
A love that's always true
And someone who believes in you

It's time to come alive
Your moment has arrived
I'll bring out the best in you
We can have it all
No, we will never fall
Looking down from our celestial view

So when you're searching for that rainbow
I will help you find it
And when a mountain stands before you
I will help you climb it

Just follow where I lead
I'll give you what you need
And I'll tell you something else
You'll start believing in yourself
It's an easy thing to do
When you have someone who believes in you

Someone who believes
Someone who believes
I'm someone who believes
You've got someone who believes in you



Sunday, January 15, 2017

sundayTalk : Buli di Zaman Sekarang Masih Eksis

Advertisement

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hallow galawers people semua , kini Alhamdulillah kita bisa berjumpa lagi di sundayTalk. Masih bersama partner saya Bu Dita yang rajin nanyain tema, tapi Mr. G nya malah belum buka2 suara dan terakhir nanya terus saya malah balik nanya lagi.. heuheu, Maaf Bu Dita.

 Akhirnya Bu Dita ngasih tema untuk minggu ini yaitu tentang Buli membuli, haduhhh ternyata masih eksis ya di zaman sekarang buli membuli. Heuheu. STOP pokonya Buli Perbulian, Oksss?


Sebelum berlanjut ke pembahasan buli membuli, baca dulu ya resolusi blog Galaw Informasi di tahun 2017 ini, nih mari baca :


Balik kebahasan sundayTalk pekan ke 8 dengan judul “Buli di Zaman Sekarang Masih Eksis”, belum lama ini ada berita yang meresahkan sampe sampe korban meninggal dunia. Innalillahi, semoga amal ibahnya diterima disisinya, dan yg melakukan kekerasan cepat di beri hidayah Oleh Allah S.W.T. Aamiin.



Kabar duka dari kekerasan terjadi lagi yaitu dari Alm. Amirullah Adityas Putra (taruna) yang mendapat tindakan kekerasan di lantai dua gedung Dormitory ring 4 kamar M205 jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (10/1/2017) malam. “di kutif today.line.me”

Pelajar Taruna Tingkat satu STIP yang baru berusia 18 tahun ini harus meregang nyawa karena dianiaya oleh lima orang seniornya di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Kementrian Perhubungan (Kemenhub). “di kutif today.line.me”

Entah apa motifnya yang jelas itu tidak manusiawi apalagi ini sampai meninggal dunia, Masya Allah. Tindak kejahatan seperti ini memang harus sudah diredam lagi. Kedaran menjadi inti dari semuanya, selain dari peraturan yang ada karena peraturan tidak selalu di maknai tiap manusia namun kesadaran pasti bisa menanggulanginya.

Perasaan kasus kekerasan sudah banyak tiap tonton di Tv, Buli membuli ini dapat menimpa siapa saja tergantung siapa yang ada di dekat kita dan sejauh mana kita dapat mengendalikan kejahatan, jadi selain berhati-hati, kita juga perlu apa yang namanya waspada.

Sekarang yang menjadi pertanyaan yaitu: Mengapa Buli membuli atau kekerasan itu bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasi kekerasan (buli membuli itu) ?
Oke kita Bahas satu-satu : mariii.


A.     Mengapa Buli membuli atau kekerasan itu bisa terjadi?

Quiroz et al,. (Sugiharto, 2009: 20) mengemukakan sedikitnya ada tiga faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku bullying, yaitu:

a.      Hubungan keluarga

Oliver et al.,(Sanders, 2004: 123) mengemukakan enam karakteristik faktor latar belakang dari keluarga yang memengaruhi perilaku bullying pada individu, yaitu sebagai berikut.

·    Lingkungan emosional yang beku dan kaku dengan tidak adanya saling memperhatikan dan memberikan kasih sayang yang hangat;
·     Pola asuh yang permissive dengan pola asuh serba membolehkan, sedikit sekali memberikan aturan, membatasi untuk berperilaku, struktur keluarga yang kecil;
·    Pengasingan keluarga dari masyarakat, kurangnya kepedulian terhadap hidup bermasyarakat, serta kurangnya keterlibatan keluarga dalam aktivitas bermasyarakat;
·         Konflik yang terjadi antara orangtua, dan ketidakharmonisan dalam keluarga;
·      Penggunaan disiplin, orangtua gagal untuk menghukum atau malah memperkuat perilaku agresi dan gagal untuk memberikan penghargaan;
·      Pola asuh orang tua yang otoriter dengan menggunakan kontrol dan hukuman sebagai bentuk disiplin yang tinggi, orang tua mencoba untuk membuat rumah tangga dengan aturan yang standar dan kaku.

Hal ini sejalan dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh McCord and McCord (Berkowitz, 1993) menunjukkan bahwa penolakan, pelecehan (abusive), kesalahan mendidik (mistreatment), dan sikap keras orangtua terhadap anak cenderung menyebabkan anak bertindak agresif termasuk bullying (Retno Astuti, 2008:38).

b.      Teman Sebaya

Pada usia remaja, anak lebih banyak menghabiskan waktunya diluar rumah. Pada masanya remaja memiliki keinginan untuk tidak lagi terlalu bergantung pada keluarganya dan mulai mencari dukungan dan rasa aman dari kelompok sebayanya, oleh karena itu salah satu faktor yang sangat besar dari perilaku bullying pada remaja disebabkan oleh teman sebaya yang memberikan pengaruh negatif dengan cara memberikan ide baik secara aktif maupun pasif bahwa bullying tidak akan berdampak apa-apa dan merupakan suatu hal yang wajar dilakukan.
     
Pencarian identitas diri remaja dapat melalui penggabungan diri dalam kelompok teman sebaya atau kelompok yang diidolakannya. Bagi remaja, penerimaan kelompok penting karena mereka bisa berbagi rasa dan pengalaman dengan teman sebaya dan kelompoknya. Untuk dapat diterima dan merasa aman sepanjang saat-saat menjelang remaja dan sepanjang masa remaja mereka, anak- anak tidak hanya bergabung dengan kelompok-kelompok, mereka juga membentuk kelompok yang disebut klik. Klik memiliki kesamaan minat, nilai, kecakapan, dan selera. Hal ini memang baik namun ada pengecualian budaya sekolah yang menyuburkan dan menaikan sejumlah kelompok diatas kelompok lainnya, hal itu menyuburkan diskriminasi dan penindasan atau perilaku bullying (Coloroso, 2007: 65).

c.       Pengaruh Media

Program televisi yang tidak mendidik akan meninggalkan jejak pada benak pemirsanya. Akan lebih berbahaya lagi jika tayangan yang mengandung unsur kekerasan ditonton anak-anak pra sekolah perilaku agresi yang dilakukan anak usia remaja sangat berhubungan dengan kebiasaannya dalam menonton tayangan di televisi (Khairunnisa, 2008).

Hasil penelitian Saripah(2006: 3) mengatakan bahwa pengaru media dalam perilaku bullying sangat menentukan, survey yang dilakukan kompas memperlihatkan bahwa 56, 9% anak meniru adegan-adegan film yang ditontonnya mereka meniru gerakan (64%) dan kata-kata sebanyak(43%). Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa televisi memiliki peranan penting dalam pembentukan cara berfikir dan berperilaku. Hal ini tidak hanya terbatas pada media televisi saja, namun juga dalam semua bentuk media yang lain. Remaja yang terbiasa menonton kekerasan di media cenderung akan berperilaku agresif dan menggunakan agresi untuk menyelesaikan masalah. 

Alasan bullying disekolah saat ini semakin meluas salah satunya adalah karena sebagian besar korban enggan menceritakan pengalaman mereka kepada pihak yang mempunyai kekuatan untuk mengubah cara berfikir mereka dan menghentikan siklus bullying, yaitu pihak sekolah dan orangtua. Korban merahasiakan bullying yang mereka derita karena takut pelaku akan semakin mengintensifkan bullying mereka. Akibatnya korban bisa semakin menyerap ”falsafah” bullying yang didapat dari seniornya dalam penelitian yang dilakukan oleh Riauskina dkk(Sugiharto, 2009: 24) korban mempunyai persepsi bahwa pelaku melakukan bullying karena.

·         Tradisi;
·         balas dendam karena dia dulu pernah diperlakukan sama;
·         ingin menunjukkan kekuasaan;
·         marah karena korban tidak berperilaku sesuai yang diharapkan;
·         mendapat kepuasan;
·         irihati.

Adapun korban mempersepsikan dirinya sendiri menjadi korban bullying karena.

·         penampilan mencolok;
·         berperilaku dengan tidak sesuai;
·         perilaku dianggap tidak sopan;
·         tradisi.

Bullying dilembaga pendidikan dapat terjadi karena adanya superioritas dalam diri siswa hal ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Coloroso (2007: 57) bullying adalah arogansi yang terwujud dalam tindakan. Remaja yang melakukan bullying memiliki hawa superioritas yang sering dijadikan topeng untuk menutupi ketidakmampuan dirinya. Pelaku bullying berdalih bahwa superioritas dianggap memperbolehkan remaja melukai seseorang yang mereka anggap lebih lemah padahal semuanya adalah dalih untuk merendahkan seseorang sehinngga mereka merasa lebih unggul.

B.      Bagaimana Cara Mengatasi Kekerasan (Buli membuli itu)?

a.      Blaming the Victim

Masalah bullying adalah masalah kita semua. Pemerintah, polisi, politisi, masyarakat, guru, orang tua, dan siswa, mestinya memiliki kepedulian bersama dalam menyelesaikan masalah bullying ini. Sayangnya, tidak sedikit orang yang menganggap masalah bullying sebagai masalah pelajar itu sendiri. Karenanya, mereka selalu menganggap pelajar sebagai biang masalah. Ini merupakan sikap dan tindakan yang dikenal dengan blaming the victim (menyalahkan korban).
     
      Blaming the victim, sebenarnya mirip dengan cerita petani yang menemukan buah anggur yang ranum di atas pohon. Tapi, pohonnya sangat tinggi. Sementara, si petani tidak bisa memanjat pohon itu. Lalu si petani mencari bambu untuk memetiknya. Tapi, dia tidak menemukan bambu panjang yang bisa mencapai buah anggur. Tak kehabisan akal, si petani melempari anggur dengan batu. Tapi tidak ada yang kena. Akhirnya, si petani meninggalkannya, sambil bergumam, ”Hmmm, anggur itu pasti rasanya masam.”

Blaming the victim, makanya perlu dihindari. Karena bukannya menyelesaikan masalah, melainkan menghindar dari masalah. Blaming the victim, merupakan wujud dari ketidakmampuan (atau ketidakmauan?) seseorang dalam menyelesaikan masalah.

        b. Dari Masalah ke Akar Masalah

Selain blaming the victim, problem lain yang menghambat penyelesaian bullying adalah terpaku kepada masalah, tanpa menyadari penyebab yang menjadi akar masalah. Padahal, mengetahui dan menyelesaikan akar suatu masalah, merupakan salah satu teknik problem solving yang jitu. Penyelesaian suatu kasus tanpa menyelesaikan akar masalahnya akan sia-sia belaka. Kalaupun berhasil, sifatnya hanya sementara. Setelah itu, tidak lama kemudian akan muncul lagi.

Khalifah Umar bin Khattab, pernah mengajarkan teknik problem solving dengan berorientasi kepada penyelesaian akar masalah. Konon suatu hari, seseorang dilaporkan kepada Sang Khalifah karena telah mencuri. Si pelapor meminta kepada khalifah untuk menjatuhkan hukuman yang seberat-beratnya kepada si pencuri. Khalifah Umar bin Khattab tahu bahwa potong tangan merupakan sanksi bagi si pencuri. Tetapi, beliau ternyata tidak menghukumnya, setelah tahu bahwa kelaparan dan paceklik menjadi penyebab orang itu mencuri. Akhirnya si pencuri dibebaskan. Selanjutnya, sebagai khalifah, dia berusaha untuk membuat program yang mensejahterakan rakyatnya. Hasilnya, pencurian dan kriminalitas tidak lagi terdengar di kalangan rakyatnya. Karena, kelaparan dan paceklik, yang menjadi akar masalah, sudah diselesaikannya.
  
Apa yang dilakukan oleh Khalifah Umar bin Khattab, perlu ditiru oleh siapapun yang akan menyelesaikan masalah kekerasan di kalangan pelajar. Umar bin Khattab tidak langsung menghukum si pencuri. Melalui otaknya yang jenius serta hatinya yang tenang, beliau menangkap sinyal ketidakberesan di tengah-tengah masyarakatnya.
     
Demikian juga dalam menghadapi kasus bullying. Tidak cukup hanya menghukum para pelajar yang melakukannya. Sebab, banyak faktor yang dapat dihubungkan sebagai akar masalah yang menjadi penyebab terjadinya bullying. Misalnya, sistem pendidikan yang tidak membebaskan, suasana belajar yang tidak kondusif, langkanya keteladanan guru dan pelajar senior, pengaruh negatif media massa, keluarga yang broken home, serta masih banyak faktor penyebab lainnya.

Tidak heran, jika banyak orang berpendapat bahwa menyelesaikan masalah bullying tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena akar masalahnya tidak tunggal; banyak dan kompleks. Akan tetapi, walaupun rumit, kita perlu mencari jalan keluarnya. Allah Swt. dalam Al-Qur’an Surat Alam Nasyrah [94]: 5-6 menegaskan: ”Sesungguhnya di dalam kesulitan pasti ada kemudahan. Dan sesungguhnya di dalam kesulitan pasti ada kemudahan”.

        c. Komunikasi, Muara Solusi

Menyelesaikan kasus bullying sesungguhnya bisa dimulai dengan cara membangun komunikasi yang terbuka antara guru, orang tua dan murid. Selama ini, komunikasi di antara mereka seringkali tidak berjalan dengan baik dan efektif. Orang tua, misalnya jarang memberi perhatian terhadap anaknya, baik di rumah atau di sekolah. Mereka, mungkin terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan, sehingga tidak sempat (atau tidak mau menyempatkan diri) berkomunikasi dengan anak dan pihak sekolah. Sementara itu, di sekolah, guru cenderung ingin didengarkan murid. Komunikasi yang dibangun hanya satu arah. Tidak banyak guru yang memposisikan dirinya sebagai fasilitator atau mitra berbagi dengan murid. Sedangkan murid-murid lebih suka mengambil jalan sendiri, dan tidak tahu kepada siapa dia harus berkomunikasi.

Oleh karena itu, komunikasi sangat penting dalam membangun suasana yang sejuk dan damai. Komunikasi menjadi semacam muara bagi solusi atas kasus-kasus kekerasan di kalangan pelajar. Kesediaan semua pihak, terutama orang tua, guru dan murid, untuk menjalin komunikasi yang positif, terbuka, dan jujur, akan membuka jalan menuju solusi yang efektif dalam menyelesaikan kasus bullying. Pertanyaannya sekarang, seperti bunyi iklan sebuah vendor komunikasi, ”Mau?”.

        d. Cara paling ideal untuk mencegah terjadinya bullying :

·     Mengajarkan kemampuan asertif, yaitu kemampuan untuk menyampaikan pendapat atau opini pada orang lain dengan cara yang tepat. Hal ini termasuk kemampuan untuk mengatakan TIDAK atas tekanan-tekanan yang didapatkan dari teman/pelaku bullying.
·      Sekolah meningkatkan kesadaran akan adanya perilaku bullying (tidak semua anak paham apakah sebenarnya bullying itu) dan bahwa sekolah memiliki dan menjalankan kebijakan anti bullying. Murid harus bisa percaya bahwa jika ia menjadi korban, ia akan mendapatkan pertolongan. Sebaliknya, jika ia menjadi pelaku, sekolah juga akan bekerjasama dengan orangtua agar bisa bersama-sama membantu mengatasi permasalahannya.
·     Memutus lingkaran konflik dan mendukung sikap bekerjasama antar anggota komunitas sekolah, tidak hanya interaksi antar murid dalam level yang sama tapi juga dari level yang berbeda.

Sekian Bahasan sundayTalk pekan ini, semoga tindak kejahatan semakin berkurang bahkan tidak lagi terjadi. Aamiin.

Mohon maaf bila ada kesalahan kata.
Terimakasih.

Sunday, January 8, 2017

sundayTalk : Resolusi Blog Galaw Informasi Tahun 2017 (Sweet Seventeen)

Advertisement

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

                Alhamdulillah Minggu ini bisa berjumpa lagi dengan Mr. G di #sundayTalk, dengan keadaan sedikit galow kepada wanita yang inisialnya titik-titik, semoga membaca post ini. Wkwk….
Oke sebelumnya Mr. G mau minta pendapat kepada galawers people semua untuk memberi nasehat untuk blog saya ini suapaya dapat menjadi lebih baik kedepannya. Comen ya di bawah postingan? Yang komen di Do’a in dapet Jodoh di tahun ini. Aamiin. :D
                Sebelum masuk ke bahasan sekarang yuk baca dulu  postingan sebelumnnya tentang Aleppo Berduka.


                Untuk minggu sekarang saya akan membahas tentang resolusi blog saya di tahun ini di tahun Sweet Seventeen. Haha, makanya sebelumnya saya nyinggung kepada galawers people semua untuk kasih saran juga, ya? Please. Hhehe.


Yapp kita bahas ada apa saja di resolusi blog galawinformasi.blogspot.com di tahun sweet seventeen ini :
1.       BlogPost
Ini langkah lanjutan di waktu sebelumnya yaitu Post artikel yang sekiranya juga dapat bermanfaat bagi galawers people semua, ya walaupun bisa jadi aja juga yg tidak bermanfaat ,. Tapi anggap bermanfaat aja deh ya? Wkwkwkwk

2.       sundayTalk


Tag sundayTalk InsyaAllah masih akan eksis di 2017 ini bersama partner saya Bu dita, itu tuh owner nya kataditaa.blogspot.com . Tapi ga menutup kemungkinan juga untuk rekan galawers people semua yang ingin gabung di sundayTalk ini,. Iya kan Bu DIt?

3.       Vlog


Ini resolusi yang sebelumnya belum pernah di lakukan di galawinformasi.blogspot.com yaitu ngevlog, ya InsyaAllah ini akan dilakukan di tahun sweet seventeen ini , bagaimana kelanjutan nya? Oke nantikan aja ya vlog nya Mr. G. wkwkwk, eh ga menutup kemungkinan nanti duet juga dengan Du Dita atau Raditya Dika, atau Vlogger lainnya.. InsyaAllah

4.       Channel Music on Blog and Youtube

Ya ini mungkin resolusi langkah berikutnya untuk memuaskan galawers people semuanya. Nama Channel music nya yaitu “ Puitis Music Channel”, ya itu di ambi dari kata-kata Musikalitas tahun tahun kebelakang (80, 90, 2000 an) yang mana liriknya puitis2 ya seperti Airsuply atau local nya ada ada band. Kalian bisa akses channel nya nanti di Youtub, tapi untuk sekarang masih belum di buat.. sabarr yaaaa? Nanti di videonya ada liriknya dan kalian bisa baca liriknya,
Selain di post di Youtube juga akan Mr. G suguhkan di Blog nya galawinformasi.blogspot.com.

    Oke sekian Galawers People semua, itu lah mungkin resolusi di tahun sweet seventeen , yang InsyaAllah dapat Berjalan dengan bagaimana mestinya. Aamiin. Hehe.
Terimakasih , mohon maaf jiga ada kesalahan dalam post., (maafin, hihi). Bye Bye. Dahhhh selamat berjumpa lagi Galawers People.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga Koleksi sundayTalk lainnya :



#sundayTalk : Style Berpakaian (Pekan Ke Dua)

#sundatTalk : 5 Aplikasi Sosmed Terbaik Mr. G (Pekan Ke Tiga)

#sundayTalk : Cinta Pandangan Pertama? (Pekan Ke Empat)

#sundayTalk : Profesi Masa Kini (Pekan Ke Lima)